Rabu, 10 Oktober 2012

Beli Masa Depan dengan Harga Sekarang

Kata-kata ini diucapkan oleh Chairul Tanjung dan pertama kali saya dengar waktu dia berbicara di Pesta Wirausaha (PWU) TDA 2012 bulan Januari yang lalu. Dan saya ketemu lagi dengan statement ini pada saat baca bukunya “Si Anak Singkong”.   
Terus terang statement ini bikin saya berpikir, apa contoh kongkritnya. Ternyata baru ketemu setelah baca bukunya Pak Chairul Tanjung ini. Dia bilang kalo Trans Studio yang dia bangun di Makassar dan Bandung terus nanti ada di beberapa kota lagi adalah salah satu contohnya. Kenapa? Dia memprediksi kalau perkembangan penduduk tidak hanya di Jawa tapi juga luar Jawa akan pesat dan mereka membutuhkan tempat-tempat hiburan modern. Jadi Trans Studio ini dibangun terutama untuk kebutuhan pasar masa depan, saat jumlah penduduk telah meningkat seiring peningkatan pendapatan dan konsumsi. Ini hanyalah salah satu contoh.
Ternyata inilah salah satu ‘kunci’ cara berpikir beliau dan pertimbangan untuk mengambil keputusan. Terutama bagaimana atau apa yang akan dilakukan untuk pengembangan usaha.
Pada waktu  PWU TDA 2012 beliau juga mengungkapkan bahwa dengan penambahan jumlah penduduk maka ada beberapa bidang yang menjadi perhatian khusus dan bisa menjadi peluang yang sangat besar di masa yang akan datang yaitu food, energy dan water (FEW). Inilah yang mungkin bisa kita ambil juga sebagai bahan pemikiran untuk usaha yang akan kita jalani. Beli masa depan dengan harga sekarang, kita proyeksikan apa yang kita lakukan dengan biaya sekarang tapi hasilnya adalah untuk masa yang akan datang atau dengan  kata lain adalah investasi jangka panjang.
Semoga saya juga bisa membeli masa depan dengan harga sekarang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar